Tuesday, May 29, 2007

Koreksi Arah Kiblat

Tepat di hari Senin 28 Mei 2007, segenap anggota CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) melakukan koreksi bersama atas arah qiblat di lokasi PPMI Assalaam. Tempat-tempat yang digunakanuntuk menentukan arah kiblat masing-masing: Masjid Assalaam, kantor Assalaam, Wisma Assalaam, RuangTamu, Lapangan Basket Putri dan Rayon Putri, serta Depan Gelora Asalaam (depan Prasasti).

Upaya ini dilakukan sebagai wujud kepedulian CASA kepada nilai-nilai syar’i di lingungan PPMI Assalaam, khususnya dalam melaksanakan ibadah yang disayari’atkan menghadap kiblat. Dari data yang kita dapatkan, bahwa masjid Asslaam yang sudah menjadi sentral ibadah penghuni Assalam dan warga sekitar, arah kiblatnya masih mengalami kesalahan sekitar 20 derajat dari arah yang sekarang berlaku. Hasil kerja anak-anak yang hobi astronomi ini segera dikonfirmasikan ke pihak Pondok, via Pembimbing CASA. Namun karena konfirmasi sebatas lisan,maka jawaban pihak Pondok pun kurang memberikan respon dalam arti akan merubah dan membetulkan arah kiblatnya Masjid. Disamping kepedulian ilmu yang amali semacam ini, saya yakin tidak hanya di Pondok Assalaam, namun dimanapun, mayoritas Ummat Islam…ya yang penting ikuti saja yang sudah ada.

Setahu saya, orang yang beramal tanpa ada dasar ilmu, akan ditolak. Maka walau anak-anak CASA meminta saya berorasi di mimbar dengan harapan seluruh santri dan jama’ah menjadi faham adanya, saya pikir upaya melakukan koreksi secara kolosal dan disaksikan banyak orang yang melintas area koreksi arah kiblat sudah cukup memanggil dan mendakwahkan misi ini. Namun selebihnya tetap saja kembali kepada kepedulian atas ilmu dan amal. Berawal dari Niat, gitulah kira2…Ber-Ilmu yang Amaliyah, dan Ber-Amal yang Ilmiah, moga2 amal kita diterima dan diridloi-Nya

Berikut beberapa gambar saat dilakukan pengambilan data arah kiblat pada saat matahari tepat di titik Zenit Ka'bah 28 Mei 2007 sare yang lalu.



Gambar di atas adalah Anggota CASA (santriwan kelas X MA) sesaat setelah Istiwa A'dham dan menemukan arah kiblat di pojok selatan Masjid Jami' PPMI Assalaam. Perhitungan CASA, arahnya masih kurang ke utara sekitar 15-20 derajat.





Gambar di atas adalah Anggota CASA (santriwan kelas X MA) saat menunggu detik2 Istiwa A'dham) di depan Wisma Assalaam bagian pojok utara.






Gambar di atas adalah Anggota CASA (santriwan kelas X MA) usai menentukan arah kiblat versi Istiwa A'dham dan menggambarkan arah kiblat di depan Prasasti Assalaam.





Gambar di atas adalah Anggota CASA (santriwan kelas X MA) saat menjelang Istiwa A'dham di depan Kantor Assalaam.





Gambar di atas adalah Anggota CASA (dan santriwati anggota Perkisa) setelah Istiwa A'dham dan menemukan arah kiblat di lapangan Basket.





Gambar di atas adalah Anggota CASA (santriwan kelas X MA) sesaat setelah Istiwa A'dham dan menemukan arah kiblat di depan Ruang tamu Putri PPMI Assalaam.

Semoga karya dan sumbangsih CASA kali ini membawa manfaat, khususnya bagi anggota CASA sendiri, dan umumnya warga PPMI Assalaam. Di tempat lain, para asatidz yang sempat menerima edaran dari CASA juga melakukan koreksi atas arah kiblat masjid di lingkungan masing-masing.

Cara lain menentukan arah Qiblat:
1. Qibla Locator On Line, atau
2. Qibla Via Google Earth.

Wa'allahu 'Alamu...[+]

Labels: