Wednesday, July 18, 2007

Istiwa A'dham 16 juli 2007

Mengulang hasil obeservasi dan singkronisasi arah kiblat masjid PPMI Assalaam pada 28 Mei 2007, maka pada Senin 16 Juli 2007 saya memanfaatkan moment langka ini untuk mengulang; apakah hasil karya anak-anak CASA pada moment awal benar2 telah akurat atau kurang.

Berdasar data yang langsung saya lihat dan praktikkan di lapangan tepat di lokasi anak2 CASA mengambilnya pada 28 Mei 2007, ternyata hasilnya sama persis. Dari hasil ini saya berkeyakinan penuh, bahwa arah kiblat yang didapat anak2 CASA awal adalah benar dan akurat.

Dengan hasil saya ini, maka arah kiblat masjid PPMI Assalaam secara resmi saya katakan lewat blog ini kurang ke utara 20deg. Berikutnya, adalah wewenang Dewan Kyai untuk menentukan; apakah akan dibuat garis baru arah kiblat atau sekedar informasi resmi ke warga PPMI Assalaam.

Berikut berita dalam bentuk gambar yang sempat saya abadikan:

Dari gambar di atas, arah kiblat masjid akan tepat bila bayangan tiang paling depan akan menutupi tiang di sebelah belakangnya, begitu dan seterusnya. Dari gambar di atas, ternyata bayangan tiang masih terlihat berada di sampingnya cukup jauh. Ini artinya arah kiblat masjid belum pas atau tepat. Dan ini sesuai hasil pengukuran yang dilakukan anak2 CASA 28 Mei 2007 dan yang saya buktikan kembali pada 16 Juli 2007.

Sebagai gambaran lebih detail, berikut saya ambilkan gambar langsung di salah satu lantai di dalam masjid PPMI Assalaam:

Gambar ini saya ambil dari atas dengan menghadap ke timur. Jadibagian atas dari gambar ini adalah sisi timurnya. Garis merah spidol adalah bayangan matahari yg mengarah ke kiblat sesuai istiwa a'dham 16 Juli 2007, sementara garis kotak lantai (tegel marmer) adalah arah kiblat masjid yang berlaku selama ini.

Labels: